Senin, 06 Januari 2014

Dansos UPK PNPM Bungursari Kabupaten Purwakarta Tahun 2011

Dana sosial hasil surplus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan Kecamatan Bungursari Tahun 2011 berupa kambing bergulir telah disalurkan kepada masyarakat rumah tangga miskin. Dana sosial tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dan meningkatkan tingkat kemandirian bagi masyarakat di perdesaan.


Secara simbolis penyaluran dana sosial itu dilakukan di Kantor UPK Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta oleh Camat Bungursari Bpk. Drs. Jaenal Arifin. Ketua UPK, Bapak Sofyan, mengatakan, melalui kegiatan ekonomi simpan pinjam bagi perempua (SPP), PNPM Mandiri Pedesaan Kecamatan Bungursari mampu memberikan Dana Sosial kepada masyarakat sebesar Rp 20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah) untuk 10 Desa di Kecamatan Bungursari. Pendapatan sosial tersebut diberikan kepada 22 orang rumah tangga miskin dari 10 desa yang tersebar di Kecamatan Bungursari sesuai dengan syarat yang direkomendasikan desa untuk warganya yang berhak menerima bantuan tersebut.
 ’’Kami ingin memberikan umpan, bukan ikannya. Dengan memberikan bantuan berupa kambing bergulir, masyarakat bisa memelihara kambing tersebut sebagai asset mereka dimasa yang akan datang, tutur camat bungursari. UPK Bungursari memberikan bantuan sosial kambing bergulir tersebut dengan mekanisme jika induk kambing tersebut telah memiliki anak yang ke-3 dari perkawinan dengan kambing jantan, maka anak ke-1 dari kambing tersebut akan digulirkan kepada masyarakat RTM lainnya yang sangat membutuhkan sesuai dengan rekomendasi dari Kepala Desa terkait. Diharap masyarakat mampu memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik, dan menjaga amanah program di masyarakat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar